Selasa, 25 Juni 2013

070. Khitan/Sunat Bagi Perempuan

السلام عليكم ورحمة الله و بركاته
 

 


 
PERTANYAAN 
 
Al Musyafa 
Apa pendapat anda
Tentang anak perempuan di khitan(sunat)?
 
 
JAWABAN

   1. Achmad Al-fandaniy

ﻓﻘﺪ ﺳﺒﻖ ﺃﻥ ﺫﻛﺮﻧﺎ ﺃﻥ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﺨﺘﺎﻥ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﻭﺍﺟﺐ ﻓﻲ ﺣﻖ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﻭﺍﻟﻨﺴﺎﺀ، ﻓﻴﻤﻜﻨﻚ ﺃﻥ ﺗﺮﺍﺟﻊ ﺍﻟﻔﺘﻮﻯ ﺭﻗﻢ: 4487.
ﻭﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﺗﺨﺘﻦ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﻓﻲ ﺻﻐﺮﻫﺎ ﻭﺟﺐ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻋﻨﺪﻫﻢ ﺍﻻﺧﺘﺘﺎﻥ ﻓﻲ ﺍﻟﻜﺒﺮ، ﻓﻔﻲ ﺗﺤﻔﺔ ﺍﻟﺤﺒﻴﺐ -ﻭﻫﻮ ﻓﻲ ﺍﻟﻔﻘﻪ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ:- ﻗﺎﻝ ﺍﻷﺻﺤﺎﺏ: ﻭﺇﻧﻤﺎ ﻳﺠﺐ ﺍﻟﺨﺘﺎﻥ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺒﻠﻮﻍ، ﻭﻳﺴﺘﺤﺐ ﺃﻥ ﻳﺨﺘﻦ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﺒﻊ ﻣﻦ ﻭﻻﺩﺗﻪ ﺇﻻ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺿﻌﻴﻔﺎً ﻻ ﻳﺤﺘﻤﻠﻪ ﻓﻴﺆﺧﺮ ﺣﺘﻰ ﻳﺤﺘﻤﻠﻪ. ﺍﻧﺘﻬﻰ. ﻭﺍﻟﺮﺍﺟﺢ ﺃﻥ ﺍﻟﺨﺘﺎﻥ ﺳﻨﺔ ﻓﻲ ﺣﻖ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﻭﻟﻴﺲ ﺑﻮﺍﺟﺐ، ﻛﻤﺎ ﺑﻴﻨﺎ ﺍﻟﻔﺘﻮﻯ ﺭﻗﻢ: 68002

Menurut ulama safi'iyah Khitan itu hukumnya wajib bagi laki2 dan perempuan, dan ketika perempuan yang belum di khitan pada masa kecilnya maka wajib pula ktika dewasa dikhitan. Dlm Kitab Tuhfatul Habib fikih syafi'i, QOLA ASHAB: wajib khitan setelah balig, dan disunahkan
khitan ketika berumur 7 hari dari kelahiran kalo itu tidak membahayakan kalo tidak memungkinkan maka bisa diakhirkan. MENURUT QOUL ROJIH/BISA Di buat pegangan: "KHITAN ITU SUNAH BAGI WANITA DAN TIDAK WAJIB"

ووجب ختان للمرأة والرجل حيث لم يولدا مختونين

dan wajib berkhitan bagi perempuan dan laki2 jk waktu dilahirkan blm keadaan terkhitan. (Ianatut tholibin juz 4 hal 173)

وفي الأنثى بقطع جزء يطلق عليه اسم الختان من اللحمة الموجودة بأعلى الفرج فوق ثقبة البول تشبه عرف الديك وتسمى البظر

Dan khitan bagi wanita yaitu memotong sebagian dari daging yang berada paling atas farji,tepatnya diatas lobang keluarnya air kencing yang mana daging tadi mirip cengger ayam, dan daging tersebut dinamakan bidzir. (Nihayatuz zain hal 358)

Diantara tujuannya adalah tambah kelezatan ketika menjimak

حاشية إعانة الطالبين - (ج 4 / ص 198)

قوله: والمرأة الخ) أي والواجب في ختان المرأة قطع جزء يقع عليه اسم الختان وتقليله أفضل لخبر أبي داود وغيره أنه (ص) قال للخاتنة: أشمي ولا تنهكي فإنه أحظى للمرأة وأحب للبعل أي لزيادته في لذة الجماع، وفي رواية: أسرى للوجه أي أكثر لمائه ودمه
 
   2. Sanusi El Ruzy
 الخصلة السابعة : الختان و هو قطع الجلدة التي فوق الفرج. حكمه واجب للرجال و للمرأة البالغين. هذا هو المعتمد عند الشافعية و الحنابلة و أما عند الحنفية و المالكية فهو سنة في حقهما. و حكى الإمام الرافعي وجها شأذا أنه واجب في حق الرجل و سنة في حق المرأة. و يسن أن يكون في اليوم السابع من يوم الولادة.
( التقريرات السديدة ص 79 )
و كذا في نهاية الزين للإمام نووي البنتاني

Pekerti yang ke 7 ialah Khitan.
Yaitu memotong kulit yang berada di atas/ujung kemaluan.
Hukumnya WAJIB bagi lelaki dan perempuan yang sudah baligh.
Hal ini (Hukum Wajib) adalah qoul yang Mu'tamad (dapat di pakai pegangan) menurut Syafi'iyyah & Hanabilah. Adapun menurut Hanafiyah & Malikiyah hal itu SUNNAH bagi keduanya (lelaki dan perempuan). Imam Rofi'i menceritakan dengan jalan/qoul yang LANGKA sesungguhnya Khitan Wajib bagi lelaki dan Sunnah bagi perempuan.
Dan hal itu (Khitan) di sunnahkan pada hari ke 7 dari hari kelahiran.
(Lihat: At-Taqrirot As-Sadidah hal 79)
Hal tersebut juga ada di kitab Nihayah Az-Zain karya Imam Nawawi Al-Jawi Al-Bantani.

 

والسلام عليكم ورحمة الله و بركاته
 

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template