Jumat, 06 Juni 2014

137. Kajian Kitab Risalatul Jami'ah Fasal Tentang Akhlak (Ketaatan Hati)


137. Kajian Kitab Risalatul Jami'ah Fasal Tentang Akhlak (Ketaatan Hati)

Oleh Achmad Al-fandaniy pada 2 Juni 2014 pukul 0:15


Oleh Sanusi El Ruzy pada 28 Mei 2013 pukul 22:10
Oleh:

Thu Khang Angon Wedhuz

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Masih tentang akhlak.<p> </p><p>و من الآداب وجوب طاعة القلب</p><p>Termasuk sebagian dari adab ialah ketaatan hati.</p><p>و من طاعة القلب: الإيمان بالله و اليقين و الإخلاص و التواضع و النصيحة للمسلمين و السخاء و حسن الظن و تعظيم شعائر الله و الشكر على نعم الله كالإسلام و الطاعة و سائر النعم.</p><p>Termasuk dari ketaatan hati ialah, iman kepada Allah, yakin, ikhlas, tawadhu' (rendah hati), memberi nasihat pada kaum muslimin, bersikap dermawan, berprasangka baik, mengagungkan syiar-syiar Allah, mensyukuri nikmat-nikmat Allah misalnya, nikmat Islam, ketaatan dan semua nikmat lainnya.</p><p> </p><p>و الصبر على البلآء مثل الأمراض و المحن و موت الأحبة و فقد المال و تسلط الاشرار. و الصبر على الطاعة و الصبر عن المعاصي و الثقة بالرزق من الله.</p>
Sabar dalam menghadapi musibah misalnya, sakit, cobaan, ditinggal mati oleh orang yang di cintai, kehilangan harta, dan berada di dalam kekuasaan orang-orang jahat. Sabar dalam melakukan ketaatan. Sabar untuk tidak melakukan maksiat. Yakin bahwa rizki itu datangnya dari Allah


و بغض الدنيا و عداوة النفس و الشيطان و محبة الله و رسوله و صحابته و أهل بيته و التابعين و الصالحين و الرضا عن الله و التوكل عليه و غير ذلك من الواجبات القلبية المنجية.
Membenci dunia[45], memerangi hawa nafsu dan syaithon. Mencintai Allah, Rasulullah, para sahabatnya, keluarganya, para tabi'in dan orang shaleh. Ridha atas ketentuan Allah, bertawakkal pada-Nya dan kewajiban hati lainnya yang dapat menyelamatkan.

Ket:
[45] : Yang dimaksud dengan dunia ialah segala sesuatu yang menjadikan seseorang lalai kepada Allah, atau segala sesuatu yang dapat menjerumuskannya ke dalam kemaksiatan.

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template