Kamis, 05 Juni 2014

135. Kajian Kitab Risalatul Jami'ah Fasal Tentang Akhlak (Menjaga Hati Dari Maksiat)

السلام عليكم ورحمة الله و بركاته



Oleh : Achmad Al-fandaniy pada 2 Juni 2014 pukul 0:09

Oleh : Thu Khang Angon Wedhuz

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته.


فصل في الآداب
Fashal Tentang Akhlak.

منها حفظ القلب و الجوارح من المعاصي
Diantaranya Menjaga Hati dan Anggota Tubuh Dari Maksiat

و حفظ القلب من المعاصي واجب على كل مسلم و كذا حفظ الأعضآء السبعة فرض عين على كل مسلم.
Menjaga hati dari perbuatan maksiat adalah wajib bagi setiap muslim. Dan menjaga tujuh anggota tubuh (dari maksiat) hukumnya adalah fardhu 'ain bagi setiap muslim.
فمن معاصي القلب الشك في الله تعالى و الأمن من مكر الله و القنوط من رحمة الله تعالى و التكبر على عباد الله تعالى و الريآء و العجب بطاعة الله و الحسد و الحقد على عبيد الله و معنى الحسد كراهية النعمة على المسلم و استثقالها.
Di antara maksiat hati ialah meragukan (keberadaan) Allah SWT, merasa aman dari makar/tipu daya Allah, berputus asa dari rahmat Allah SWT, bersikap sombong kepada hamba-hamba Allah SWT, riya'/pamer, ujub/membanggakan diri atas ketaatannya pada Allah SWT, hasud serta hiqd kepada hamba-hamba Allah SWT. Hasud ialah perasaan benci dan kurang senang melihat nikmat yang di anugrahkan kepada seorang muslim. (mungkin dalam bahasa pergaulan di sebut "iri" red:)
و من معاصيه الإصرار على معصية الله و البخل بما أوجب الله تعالى و سوء الظن بالله و بخلق الله و التصغير لما عظم الله من طاعة أو معصية أو قرآن أو علم أو جنة أو نار و كل ذلك من المعاصي و الخبائث المهلكات، بل بعض ذلك مما يدخل في الكفر، و العياذ بالله تعالى من ذلك.
Maksiat hati yang lain adalah terus-menerus melakukan maksiat kepada Allah, bersikap bakhil (pelit) sehubungan dengan kewajiban yang di tetapkan Allah SWT, berburuk sangka pada Allah dan makhluk-Nya, menganggap kecil (meremehkan) hal-hal yang di agungkan (di pentingkan) oleh Allah, misalnya : ketaatan, maksiat, Qur'an, ilmu, surga atau neraka. Semua perbuatan itu merupakan maksiat dan suatu keburukan yang dapat membinasakan. Bahkan sebagian dari perbuatan itu dapat menjerumuskan manusia ke dalam kekafiran. Kita berlindung kepada Allah SWT dari semua perbuatan maksiat tersebut.
 
 
 
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template