Minggu, 23 Juni 2013

060. Menikah Beda Agama

السلام عليكم ورحمة الله و بركاته





PERTANYAANYana 
Assalaamualaikum ya akhi wa ukhti.Sy punya tetangga berumah tangga beda agama setau sy itu tidak dibenarkan dalam islam sy prnah kasih tau dengan sindiran dari keluarganya pun sudah,bagaimana sikap sy trhapnya wassaam


 
JAWABAN

  1. Paijo Jowo Timur
Wassalamu'alaykum.
Bismillah...nambah dikit, dan secara kita tarik dulu benang merah post diatas agar masaail menjadi bayan:

1.Nikah antara Muslim dengan Kafir Musyrik
Allah ta'ala berfirman:

ﻻﻭ ﺍﻮﺤﻜﻨﺗ ﺕﺎﻛﺮﺸﻤﻟﺍ ﻰﺘﺣ ﻦﻣﺆﻳ ﺔﻣﻷﻭ ﺔﻨﻣﺆﻣ ﺮﻴﺧ ﻦﻣ ﻮﻟﻭ ﺔﻛﺮﺸﻣ ﻻﻭ ﻢﻜﺘﺒﺠﻋﺃ ﻦﻴﻛﺮﺸﻤﻟﺍ ﺍﻮﺤﻜﻨﺗ ﻰﺘﺣ ﺍﻮﻨﻣﺆﻳ ﺪﺒﻌﻟﻭ ﻦﻣﺆﻣ ﺮﻴﺧ ﻦﻣ ﻙﺮﺸﻣ ﻮﻟﻭ ﻢﻜﺒﺠﻋﺃ ﻚﺌﻟﻭﺃ ﻥﻮﻋﺪﻳ ﻰﻟﺇ ﺭﺎﻨﻟﺍ ﻪﻠﻟﺍﻭ ﻮﻋﺪﻳ ﻰﻟﺇ ﺔﻨﺠﻟﺍ ﺓﺮﻔﻐﻤﻟﺍﻭ ﻪﻧﺫﺈﺑ ﻦﻴﺒﻳﻭ ﻪﺗﺎﻳﺍﺀ ﺱﺎﻨﻠﻟ ﻢﻬﻠﻌﻟ )ﻥﻭﺮﻛﺬﺘﻳ 221 :ﺓﺮﻘﺒﻟﺍ ﺓﺭﻮﺳ) )

Maknanya: "Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat- ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran". (Q.S. al Baqarah:221) Berdasarkan ayat ini dan dalil-dalil yang lain, para ulama menyepakati (ijma') keharaman pernikahan antara seorang laki- laki atau perempuan muslim dengan orang- orang kafir musyrik laki-laki maupun perempuan.

2. Nikah antara Lelaki Muslim dengan Perempuan Kafir Ahli Kitab Allah ta'ala berfirman:

ﻡﻮﻴﻟﺍ ﻞﺣﺃ ﻢﻜﻟ ﺕﺎﺒﻴﻄﻟﺍ ﻡﺎﻌﻃﻭ ﻦﻳﺬﻟﺍ ﺍﻮﺗﻭﺃ ﺏﺎﺘﻜﻟﺍ ﻞﺣ ﻢﻜﻟ ﻢﻜﻣﺎﻌﻃﻭ ﻞﺣ ﻢﻬﻟ ﺕﺎﻨﺼﺤﻤﻟﺍﻭ ﻦﻣ ﺕﺎﻨﻣﺆﻤﻟﺍ ﺕﺎﻨﺼﺤﻤﻟﺍﻭ ﻦﻣ ﻦﻳﺬﻟﺍ ﺍﻮﺗﻭﺃ ﺏﺎﺘﻜﻟﺍ ﻦﻣ ﻢﻜﻠﺒﻗ ﺍﺫﺇ ﻦﻫﻮﻤﺘﻴﺗﺍﺀ ﻦﻫﺭﻮﺟﺃ ﻦﻴﻨﺼﺤﻣ ﺮﻴﻏ ﻦﻴﺤﻓﺎﺴﻣ ﻻﻭ ﻱﺬﺨﺘﻣ ﻥﺍﺪﺧﺃ ﻦﻣﻭ ﺮﻔﻜﻳ ﻥﺎﻤﻳﻹﺎﺑ ﺪﻘﻓ ﻂﺒﺣ ﻪﻠﻤﻋ ﻮﻫﻭ ﻲﻓ ﺓﺮﺧﻵﺍ ﻦﻣ ﻦﻳﺮﺳﺎﺨﻟﺍ ) 5 :ﺓﺪﺋﺎﻤﻟﺍ ﺓﺭﻮﺳ) )

Maknanya: "Pada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik. Makanan (sembelihan) orang-orang ahli kitab itu halal bagimu, dan
makanan kamu halal pula bagi mereka. (Dan dihalalkan mengawini) wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara wanita- wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang- orang yang diberi al Kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar maskawin mereka dengan maksud menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan tidak pula menjadikannya gundik-gundik. Barangsiapa yang kafir sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam) maka hapuslah amalannya dan ia di hari akhirat termasuk orang-orang merugi ". (Q.S. al Ma-idah:5) Berdasarkan ayat ini dan dalil-dalil yang lain, mayoritas para ulama berpendapat bolehnya pernikahan antara seorang laki- laki muslim dengan perempuan Ahli Kitab, yahudi dan nasrani saja [5]. Hanya saja menurut Imam Syafi'i Perempuan Ahli Kitab yang dimaksud (yang boleh dinikahi) adalah mereka yang memang memiliki nenek moyang yahudi sebelum diutusnya Nabi Isa dan yang memiliki nenek moyang nasrani sebelum diutusnya Nabi Muhammad. Sebagian ulama melarang lelaki muslim menikahi perempuan Ahli Kitab karena memang mengharamkannya dan sebagian lagi melarang dalam artian menganjurkan dan menasehatkan (Min Bab an-Nashihah wa at-Taujiih wa al Irsyad) agar tidak melakukan hal itu lebih karena alasan kemaslahatan. Mereka menganggap pernikahan semacam ini sedikit banyak akan membawa bahaya dan yang lebih besar maslahatnya adalah menghindari model pernikahan semacam ini. Pernikahan dengan perempuan Ahli Kitab ini
dilakukan oleh para sahabat Nabi shallallahu 'alayhi wasallam, di antaranya: Utsman ibn 'Affan menikah dengan Ibnatul Farafishah al Kalabiyyah, seorang nasrani kemudian masuk Islam. Thalhah ibn Ubaidillah menikahi perempuan dari Bani Kulayb nasrani atau yahudi. Hudzaifah ibn al Yaman menikahi seorang perempuan yahudi. (Semua diiriwayatkan oleh al Bayhaqi dengan sanad yang sahih) [6]. C. Nikah antara Perempuan Muslimah dengan Lelaki Kafir Musyrik atau Kafir Ahli Kitab Allah ta'ala berfirman: )
... ﻥﺈﻓ ﻦﻫﻮﻤﺘﻤﻠﻋ ﺕﺎﻨﻣﺆﻣ ﻼﻓ ﻦﻫﻮﻌﺟﺮﺗ ﻰﻟﺇ ﺭﺎﻔﻜﻟﺍ ﻻ ﻦﻫ ﻞﺣ ﻢﻬﻟ ﻻﻭ ﻢﻫ ﻥﻮﻠﺤﻳ ...ﻦﻬﻟ ) 10 :ﺔﻨﺤﺘﻤﻤﻟﺍ ﺓﺭﻮﺳ) )

Maknanya: "…Maka jika kamu telah mengetahui bahwa mereka benar-benar beriman maka janganlah kamu kembalikan mereka kepada (suami-suami mereka) orang-orang kafir. Mereka tiada halal bagi orang-orang kafir itu dan orang-orang kafir itu tiada halal pula bagi mereka…". (Q.S. al Mumtahanah :10) Berdasarkan ayat ini dan dalil-dalil yang lain, para ulama menyepakati (ijma') keharaman pernikahan antara seorang perempuan muslim dengan laki-laki kafir, baik musyrik maupun Ahli Kitab. Orang yang menghalalkan model pernikahan semacam ini berarti telah mendustakan al Qur'an dan telah keluar dari Islam.
____________________________Lihat Mukhtar ash-Shihah, h. 562. [2]. Syekh Abdul Ghani an-Nabulsi, al Fath ar-Rabbani wa al Faidl ar-Rahmani, h. 190-191, Syekh Abdullah al Harari, ash- Shirath al Mustaqim, h. 30 [3]. Syekh Abdullah al Harari, Sharih al Bayaan, Jilid I, h. 172-189 dan ash-Shirath al Mustaqim, h. 18-21 [4]. Syekh Muhammad Anwar al Kasymiri, Ikfar al Mulhidin, h. 124





والسلام عليكم ورحمة الله و بركاته

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template