Senin, 01 Juli 2013

101. Kajian Kitab Risalatul Jami'ah Tentang Adab Saat Puasa

السلام عليكم ورحمة الله و بركاته


Oleh:
Thu Khang Angon Wedhuz



السلام عليكم و رحمة الله و بركاته.



و من تمام الصوم كف الجوارح عما يكرهه الله تعالى من الأعضآء السبعة الآتي ذكرها. ففي الحديث خمس يفطرن الصائم، الكذب، و الغيبة و النميمة و اليمين الكاذبة و النظر بشهوة.
Puasa yang sempurna dapat dicapai dengan menjaga tujuh anggota tubuh -yang akan dituturkan nanti- dari segala sesuatu yang di benci Allah SWT. Disebutkan dalam sebuah hadits, bahwa ada 5 perbuatan yang dapat membatalkan (pahala) puasa. Yaitu, berdusta, bergungjing (ghibah), mengadu domba (namimah), bersumpah palsu dan memandang dengan syahwah.
و من تمام الصوم تحري الإفطار على حلال و عدم الإستكثار من الأكل. و ينبغي الإستكثار من الصوم لا سيما الأيام الفاضلة في الشرع. و الله أعلم و بالله التوفيق.
Sebagian dari kesempurnaan puasa ialah mengusahakan santapan yang halal untuk buka puasa dan tidak berlebih-lebihan dalam makan. Hendaknya seseorang itu memperbanyak puasa (sunnah) terutama pada hari-hari yang mempunyai keutamaan menurut syari'at[28]. Allah lah yang Maha Mengetahui dan hanya dari Allah lah datangnya taufik.




Keterangan:
[28] : Hari-hari utama untuk berpuasa antara lain: hari Senin dan Kamis, puasa 6 hari di bulan syawal, hari 'Arofah (tanggal 9 dzul hijjah), hari Tasu'a dan Asyuro (tanggal 9 dan 10 muharram), yaumul abyadh (setiap tanggal 13, 14, dan 15 pada tiap bulan hijriah), awal bulan sya'ban sampai tanggal 15, bulan Rajab.



والسلام عليكم ورحمة الله و بركاته

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template