Senin, 01 Juli 2013

103. Kajian Kitab Risalatul Jami'ah Bab Zakat

السلام عليكم ورحمة الله و بركاته



Oleh:
Thu Khang Angon Wedhuz



السلام عليكم و رحمة الله و بركاته


الزكاة
Zakat.

و أما الزكاة و هي رابع أركان الإسلام، فيجب على المسلم معرفة انواع الأموال الواجبة فيها و هي النعم و النقدان و التجارة و الركاز و المعدن و المعشرات، و هي الحبوب و الثمار، فلا زكاة فيما سوى النعم السآئمة، و يشترط الحول لها.
Zakat adalah rukum Islam yang keempat. Setiap Muslim wajib mengetahui jenis kekayaan yang wajib dikeluarkan zakatnya. Misalnya, binatang ternak[29], emas dan perak, harta perdagangan[30], rikaz[31], hasil tambang[32], dan mu'asyarat, yakni biji-bijian dan buah-buahan[33]. Tidaj wajib dizakati binatan ternak kecuali yang di gembalakan di rumput liar[34]. Disyaratkan pula haul (telah dimiliki selama setahun).




Keterangan:
[29] : Binatang ternak yang wajib dizakati hanya 3, yaitu onta, sapi dan kambing.
[30] : Yang dimaksud dengan harta perdagangan adalah harta tertentu (mal) yang di putarkan untuk mendapatkan keuntungan.
[31] : Rikaz ialah emas atau perak yang ditemukan yang berasal dari simpanan zaman jahiliyah (zaman sebelum diutusnya Rasulullah)
[32] : Yang dimaksud adalah tambang emas dan perak saja.
[33] : Biji-bijian adalah setiap hasil tanaman yang dijadikam makanan pokok dalam keadaan normal (bukan saat paceklik), misalnya beras, gandum, jagung, sagu, adas, kacang kedelai dan lain-lain. Sedangkan buah-buahan yang dimaksud ialah kurma dan anggur, lainnya tidak wajib dizakati.
[34] : Hewan ternak tidak wajib dizakati jika:
A. Di gembalan di padang rumput orang lain atau milik sendiri.
B. Rumput untuk makanan ternak tersebut di beli.
C. Rumput itu diperoleh dari padang rumput liar, tetapi diambil sendiri oleh pemiliknya atau dengan mengupah orang lain.
D. Digembalakan di padang rumput liar, tapi belum genap setahun.
(Habib Ahmad bin Umar Syathiri, Yaqutun Nafis, cet Ats-Tsaqafah, Yaman hal 56).



والسلام عليكم ورحمة الله و بركاته

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template