Sabtu, 14 Desember 2013

124. Hukum Shalat Bawa HP

السلام عليكم ورحمة الله و بركاته
 
 
Deskripsi Masalah
Dinamisasi zaman tentunya membawah pengaruh-pengaruh yang cukup signifikan, apabila aspek teknologi dewasa ini telah memperliahatkan dan membuktikan kepada public bahwa betapa canggihnya penemuan-penemuan teknologi yang serba modern sekarang ini, praktis inplikasi dari kemajuan tersebut menimbulkan problem ubudiyyah yang sudah menjadi fenomena dimana-mana, diantaranya adalah sholat dengan membawa Hand Phone (HP) yang sangat jelas dapat mengganggu kekhusu’an orang yang sholat (tasywisy al-mushollin) ketika nada deringnya diaktifkan ini belum lagi kalau dibawa sholat jum’at, maka tak ayal, banyak jama’ah jum’at yang terganggu oleh nada dering HP tersebut.

Pertanyaan:
A.      Bagaimanakah perspektif fiqh islam dalam merespon fenomena sholat dengan membawa HP yang nada deringnya tidak dinonaktifkan?
B.      Sejauh manakah barometer sesuatu bisa dikatakan تشويش المصلين ?
PP. MAMBA’US SHOLIHIN SUCI GRESIK


Jawaban:
A.      Jika Musholli punya dugaan atau keyaqinan Hpnya berbunyi ditengah-tengah sholat sehingga mengakibatkan tasywis pada dirinya sendiri atau ada kemungkinan tasywis pada orang lain, maka hukumnya makruh. Bahkan harom bila ada dugaan atau keyaqinan tasywis pada orang lain yang melebihi batas kewajaran atau lebih dari sekedar menghilangkan kekhusyu’an.
B.      Tasywis adalah segala sesuatu yang menyebabkan terganggunya konsentrasi (khusyu’) musholli.


Referensi:
1.      Nihayatul Zain Juz 1 hal. 80
2.      At Tarmasi Juz 2 hal. 396 – 397
3.      Hawasyi Asysyarwani Juz 4 hal. 61
1.       نهاية الزين ج: 1 ص: 80
وكره صلاة بمدافعة حدث ويسمى من اتصف بذلك حاقبا بالباء إذا كان مدافعا بالغائط وحاقنا بالنون إذا كان مدافعا بالبول وحاقما بالميم إذا كان مدافعا بهما وحازقا بالزاي إذا كان مدافعا بالريح والعبرة في كراهة ذلك بوجوده ثم التحرم ويلحق به ما لو عرض له قبل التحرم فرده وعلم من عادته أنه يعود له في أثناء الصلاة والسنة تفريغ نفسه من ذلك لأنه يخل بالخشوع وإن خاف فوت الجماعة حيث كان الوقت متسعا فإن ضاق وجبت الصلاة مع ذلك إلا إن خاف ضررا لا يحتمل عادة

2.       الترمسى الجزء الثانى ص: 396-397
(ويحرم) على كل أحد (الجهر) في الصلاة وخارجها (إن شوش على غيره) من نحو مصل أو قارئ أو نائم للضرر ويرجع لقول المتشوش ولو فاسقا لأنه لا يعرف إلا منه وما ذكره من الحرمة ظاهر لكنه ينافيه كلام المجموع وغيره فإنه كالصريح في عدمها إلا أن يجمع بحمله على ما إذا خف التشويش (قوله على ما إذا خف التشويش) أي وما ذكره المصنف من الحرمة على إذا اشتد وعبارة الإيعاب ينبغي حمل قول المجموع وإن آذى جاره على إيذاء خفيف لا يتسامح به به بخلاف جهر يعطله عن القراءة بالكلية انتهى
3.       حواشي الشرواني ج: 4 ص: 61
قوله ورفع صوته ولو في المسجد أي حيث لا يشوش على نحو مصل وقارىء ونائم فإن شوش بأن أزال الخشوع من أصله كره فإن زاد التشويش حرم ونائي وفي سم عن الإيعاب ما يوافقه زاد الكردي علي بافضل قال ابن الجمال يكفي قول المتأذي لأنه لا يعلم إلا منه اهـ





Link Asal:Dari Sini




والسلام عليكم ورحمة الله و بركاته

 

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template