Jumat, 13 Desember 2013

119. Kajian Kitab Risalatul Jami'ah Bab Sunnah-sunnah Haji

السلام عليكم ورحمة الله و بركاته
 
Oleh:
Thu Khang Angon Wedhuz



سنن الحج
Sunnah-sunnah Haji.
و أما السنن فكل ما سوى الأركان و الواجبات. فمن ترك ركنا لم يصح حجه و لا يحل من احرامه حتى يأتي به.
Adapun sunnah haji adalah semua (ibadah) selain rukun dan wajib haji. Barang siapa meninggalkan rukun, maka hajinya tidak sah dan ia tidak boleh melakukan hal-hal yang di haramkan dalam ihram sampai dia mengerjakan rukun yang ia tinggalkan.
و ثلاثة من الأركان لا تفوته ما دام حيا و هي الطواف و السعي و الحلق، و من ترك شيأ من الواجبات صح حجه و لزمه دم و عليه إثم إن لم يعذر. و من ترك شيأ من السنن فلا شيئ عليه و لكن تفوته الفضيلة.
Ada 3 rukun yang bisa di tunda pelaksanaannya selama orang yang berhaji masih hidup, yaitu thawaf, sa'i, dan bercukur. Barang siapa meninggalkan salah satu wajib haji, maka hajinya sah, tetapi ia wajib membayar denda (dam), dan ia berdosa jika pelanggaran itu dilakukan tanpa udzur[43]. Barang siapa meninggalkan salah satu sunnah haji, maka ia tidak terkena kewajiban apa pun, tetapi ia tidak memperoleh pahala.





Ket:
[43] : Alasan yang di perbolehkan syari'at di antaranya ialah :
1. Perempuan yang haidh boleh tidak melakukan thawaf wada' dan tidak wajib membayar dam (denda)
2. Waktu terlalu sempit, sakit cukup parah, hujan deras, cuaca terlalu dingin atau panas, jalan tidak aman, menunggu keluarga yang sedang sakaratul maut dan lain-lain diperbolehkan tidak mabit di Muzdalifah.
 
 
 
والسلام عليكم ورحمة الله و بركاته
 

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template